THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Sabtu, 23 Oktober 2010

review jurnal

Tema/topik

Lingkungan belajar, minat belajar dan prestasi belajar


Judul, Pengarang & Tahun

PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA SMK NEGERI I BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2006/2007

R. Gunawan Sudarmantol

2008


Latar Belakang & Masalah

Penelitian ini bermula dari pemikiran penulis bahwa lingkungan belajar serta minat belajar merupakan faktor yang dapat mempengaruhi kegiatan belajar individu yang nantinya akan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Kondisi lingkungan belajar yang kondusif baik lingkungan rumah maupun lingkungan sekolah akan menciptakan ketenangan dan kenyamanan siswa dalam belajar sehingga dapat menumbuhkan minat belajar siswa. Menurut Hamalik (2001:110), belajar tanpa adanya minat kiranya sulit untuk mencapai keberhasilan secara optimal. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk meneliti tingkat pengaruh lingkungan belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa.


Tujuan Penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara lingkungan belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI SMK Negeri I Bandar Lampung tahun ajaran 2006/2007.


Metodologi

Variabel dalam penelitian ini yaitu lingkungan belajar dan minat belajar (variabel bebas) serta prestasi belajar (variabel terikat).

Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri I Bandar Lampung tahun ajaran 2006/2007 yang berjumlah 148 siswa.

Teknik pengumpulan data dilakukan yaitu observasi, angket, dan dokumentasi.

Model penelitian ini yaitu matematis dengan menggunakan teknik analisis regresi linear ganda. Analisis regresi tersebut dilakukan dengan menggunakan program SPSS, yang menghasilkan rumus Y = a + b1x1 + b2x2.


Hasil dan Kesimpulan

Hasil analisis regresi menggunakan SPSS menunjukan besaran-besaran statistik berupa R = 0.546; Fhitung = 29.154; dan Sig = 0.0000. Berdasarkan besaran statistik tersebut, Fhitung berada pada taraf signifikansi 0.0000 yang lebih kecil dari besarnya skala alpha 0.05. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh antara lingkungan belajar dan minat belajar dengan prestasi belajar siswa kelas XI SMK Negeri I Bandar Lampung tahun ajaran 2006/2007. Pengaruh lingkungan belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa dapat diprediksi melalui persamaan regresi yang berupa Y = 23.969 + 0.335x1 + 0.294x2.


Saran & Usulan Lanjutan

Bagi para orangtua dan guru, sebaiknya meningkatkan kondisi lingkungan yang baik dan memotivasi siswa untuk meningkatkan minat belajar agar dapat meningkatkan prestasi belajar.

Bagi para peneliti yang memiliki minat di bidang yang sama, sebaiknya menambah variabel yang diteliti seperti variabel komunikasi.

review jurnal

Tema/topik
Gaya belajar, prestasi belajar

Judul, Pengarang & Tahun
PENGARUH FAKTOR PREFERENSI GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA AKUNTANSI
Sawitri Dwi Prastiti & Sri Pujiningsih
2009

Latar Belakang & Masalah
Individu dalam belajar memiliki berbagai macam cara, ada yang belajar dengan cara mendengarkan, ada yang belajar dengan cara membaca, serta belajar dengan cara menemukan, baik secara kelompok maupun secara individu. Cara belajar yang beraneka ragam tersebut dikenal sebagai gaya belajar. Gaya belajar merupakan salah satu faktor internal yang dapat mempengaruhi prestasi belajar.

Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar dengan prestasi belajar.

Metodologi
Variabel dalam penelitian ini yaitu gaya belajar (variabel bebas) dan prestasi belajar (variabel terikat). Variabel bebas dan variabel terikat dalam kuisioner penelitian ini diukur dengan menggunakan skala likert dengan skala penilaian 1 sampai 5.
Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa akuntansi FE-UM yang berjumlah 670 orang.
Pengumpulan data dilakukan dengan mengambil data primer dengan menyebar kuisioner yang diberikan kepada sampel penelitian, yang diambil dengan menggunakan teknik cluster sampling, yang berjumlah 92 orang.
Model penelitian ini yaitu matematis. Dalam perhitungan pengolahan data, peneliti menggunakan alat bantu yang berupa program aplikasi computer yaitu SPSS versi 15, 2007. jika nilai signifikan p<0.05 maka terdapat hubungan diantara kedua variabel.

Hasil dan Kesimpulan
Hasil pengolahan data ini menunjukan nilai signifikan 0.726 (>0.05). Hal ini berarti gaya belajar tidak memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar. Hal ini dikarenakan kecenderungan kepuasan sebagian mahasiswa diukur dari kelulusan pada mata kuliah daripada pemahaman isi mata kuliah sehingga mereka tidak mempedulikan kecenderungan gaya belajarnya.

Saran & Usulan Lanjutan
Bagi dosen, dalam hal merancang strategi pembelajaran hendaknya memperhatikan karakteristik input seperti kecenderungan gaya belajar, motivasi, dan faktor-faktor lain. Penting bagi dosen untuk menyadari gaya mengajarnya agar tidak terdapat kesenjangandi antara dosen dan mahasiswa. Sertamemotivasi mahasiswa agar orientasi kelulusan sebaiknya menyertai kepuasan terhadap proses pembelajaran.Bagi mahasiswa, hendaknya menyadari preferensi gaya belajar untuk memilih cara belajar yang paling efektif sesuai kebutuhannya.
Bagi para peneliti yang memiliki minat di bidang yang sama, sebaiknya menambah variabel yang diteliti seperti variabel llingkungan belajar dan minat belajar.

Sabtu, 02 Oktober 2010

review jurnal

Tema/topik
Biaya promosi, distribusi dan penjualan

Judul, pengarang,tahun
Judul : Pengaruh Biaya Promosi dan Biaya Distribusi terhadap Penjualan pada PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk
Pengarang : Didin Mukodim
Tahun : 2007

Latar Belakang dan Masalah
Dunia usaha, baik produk maupun jasa selalu dihadapkan dengan persaingan. Untuk mengatasi persaingan, perusahaan menempuh berbagai cara dan strategi untuk menyampaikan hasil produksinya dengan cepat, tepat, cermat, hemat, dan memuaskan ke tangan konsumen. Strategi pemasaran juga disesuaikan dengan kemampuan dana perusahaan melalui bauran pemasaran yaitu faktor produk, harga, distribusi, dan promosi.
Promosi adalah kegiatan pemasaran yang sangat penting bagi perusahaan untuk memperkenalkan produknya kepada konsumen, sedangkan distribusi merupakan proses pendistribusian produk dan jasa yang sesuai dan terorganisir sehingga terjadi keefektifan penjualan.

Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah dan menganalisis pengaruh biaya promosi dan biaya distribusi terhadap penjualan yang dilakukan pada PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk.

Metodologi
- Variabel
variabel bebas : biaya promosi dan biaya distribusi
variabel terikat : tingkat penjualan
- Data
Data diperoleh melalui situs internet dan diolah menggunakan SPSS versi 10
- Tahap Penelitian
Data diperoleh melalui situs internet dan analisis data yang dilakukan adalah analisis deskriptif, yaitu menganalisis masalah dengan cara mendeskripsikannya melalui tabel, grafik dengan menggunakan software SPSS dan analisis kuantitatif, yaitu menganalisis masalah dengan menggunakan teknik-teknik kuantitatif.
- Model Penelitian
Gambar

Hasil dan Kesimpulan
Hasil penelitian menunjukan bahwa biaya promosi dan biaya distribusi sangat berpengaruh terhadap penjualan pada PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk.

Saran dan Usulan Lanjutan
Untuk penelitian lanjutan di masa yang akan datang, sebaiknya menambahkan variabel lain, seperti factor produk dan harga.

review jurnal

Tema/topik
Servqual, persepsi, harapan, pelanggan, kepuasan, dan kesenjangan

Judul, pengarang, tahun

Analisis Kepuasan Mahasiswa terhadap Pelayanan PSMA On-Line (2007) oleh Roland Tanggu Ndendo dan Hotniar Siringoringo

Latar Belakang dan Masalah
Universitas Gunadarma merupakan salah satu lembaga pendidikan swasta yang bergerak di bidang jasa pelayanan pendidikan. Layanan yang diberikan pada umumnya ditujukan untuk kebutuhan mahasiswa. Pelayanan Universitas Gunadarma pada mahasiswa salah satunya adalah pelayanan PSMA On-Line. Kegiatan yang dilaksanakan oleh PSMA On-Line (Pengembangan Sistem Manajemen Akademik) untuk memenuhi kebutuhan akademik mahasiswa Universitas Gunadarma, seperti Kartu Rencana Studi (KRS), daftar ulang dan KTM. Pada aktivitas pelayanan yang diberikan tersebut, masih terdapat kemungkinan mahasiswa kurang terpuaskan karena adanya atribut pelayanan yang dianggap tidak optimal.

Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan menganalisis tingkat kepuasan mahasiswa pada sistem pelayanan PSMA On-Line.

Metodologi
- Variabel
Variabel persepsi, variabel harapan, dan variabel kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan PSMA On-Line

- Data
Menggunakan data primer dengan responden seluruh mahasiswa Universitas Gunadarma.

- Tahap Penelitian
Penelitian dilakukan dengan menyebar kuesioner yang bersifat terbuka dan tertutup. Tidak semua mahasiswa menjadi responden. Pemilihan responden didasarkan pada sampel acak. Berdasarkan hasil perhitungan, ditetapkan sampel penelitian sebanyak 390 unit. Analisis data dilakukan dengan metode servqual.

- Model Penelitian
Gambar

Hasil dan Kesimpulan
Hasil menunjukan bahwa mahasiswa belum merasa puas akan pelayanan yang diberikan PSMA On-Line. Hal ini ditunjukan dengan harapan pelanggan yang tinggi namun kinerja PSMA On-Line dianggap rendah.

Saran dan Usulan Lanjutan
Meningkatkan kinerja PSMA On-Line, seperti ketepatan waktu dalam mengawali kegiatan pelayanan, dan meningkatkan kenyamanan area ruangan pengisian KRS dan area ruangan pembuatan KTM, serta memperbaiki fasilitas-fasilitas lainnya.