THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Minggu, 11 Oktober 2009

Olahraga Turunkan Risiko Tumor Otak

MANFAAT olahraga bagi kesehatan, siapa yang menyangkalnya? Sayang, walau sudah tahu manfaatnya, tapi banyak orang yang masih susah melakukan olahraga secara rutin. Kesibukan bekerja biasanya menjadi alasan utamanya. Sebuah penelitian di Amerika lagi-lagi menguatkan manfaat olahraga, khususnya bagi orang dewasa.

Hasil penelitian yang dilakukan Pusat Kanker Amerika (US National Cancer Institute) ini menyimpulkan bahwa olahraga pada usia dewasa bisa menurunkan risiko terjadinya tumor otak (glioma).

Steven C Moore dan timnya melakukan penelitian terhadap 500.000 responden yang terdiri atas pria dan wanita berusia 50 hingga 71 tahun. Mereka yang pada usia 15 hingga 18 tahun rajin melakukan olahraga, seperti bersepeda, renang, lari, dan jalan memiliki risiko 36 persen lebih rendah terkena glioma.

Hasil penelitian lainnya adalah semakin tinggi badan seseorang, semakin tinggi pula risiko terkena tumor atau kanker otak. Moore mengatakan bahwa setiap 10 sentimeter tambahan tinggi badan, bertambah pula risiko terkena glioma. Penelitian mengatakan, risiko glioma ini sangat berhubungan dengan "keseimbangan energi" pada masa pertumbuhan otak.

Orang bertubuh tinggi berarti memiliki tingkat perkembangan faktor IGF-1 yang tinggi juga pada masa kanak-kanak. Faktor IGF-1 itulah yang menyebabkan pembiakan sel terjadi lebih banyak. "Padahal apapun yang meningkatkan tingginya pembelahan sel memicu tumbuhnya kanker," sebut Moore.

0 komentar: