Tema/topik
Loyalitas, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan
Judul dan Pengarang
Kontribusi Kepuasan Emosional Terhadap Loyalitas Konsumen
Yi-Ting Yu
Alison Dean
Latar Belakang dan Masalah
Mungkin tampak tidak perlu untuk mempelajari hubungan antara kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan sebagaimana banyak penelitian telah mengkonfirmasikan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara kedua variabel (lihat Colgate dan Stewart, 1998; Hocutt, 1998; Patterson dan Spreng, 1997). Namun, banyak dari studi hubungan kepuasan-loyalitas dilakukan pada saat pengembangan konstruk kepuasan pada tahap awal, dan kepuasan pelanggan masih terlihat sebagai ``konstruksi yang sukar dipahami'' (Rosen dan Surprenant, 1998). Baru-baru ini, para sarjana berkomentar bahwa tidak patut untuk mengabaikan komponen kepuasan emosional, dan karenanya keandalan temuan dari studi sebelumnya dipertanyakan (Liljander dan Strandvik, 1997; Peterson dan Wilson, 1992; Stauss dan Neuhaus, 1997; Wirtz dan Bateson, 1999). Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan tes ulang hubungan kepuasan dengan loyalitas saat komponen emosional disertakan.
Tujuan penelitian
Untuk mengetahui hubungan kepuasan-loyalitas saat komponen emosional disertakan
Metodologi
Variabel
Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu variabel bebas yang berupa kepuasan emosional dan variabel terikat yang berupa loyalitas konsumen.
Data
Subyek dalam penelitian ini adalah pada siswa-sarjana kampus di bidang bisnis dan ekonomi di sebuah universitas besar di Australia. Metode survei digunakan untuk mengumpulkan data. Sebanyak 320 dari survei didistribusikan dan 122 kembali diperoleh, memberikan tingkat respon 37,5 persen. Rata-rata usia responden adalah 24. Profil responden adalah perempuan (55,8 persen), usia rata-rata 24 tahun, dan terdiri dari 57,9 persen siswa Australia dan 42,1 persen per siswa internasional.
Tahapan penelitian
Peneliti menggunakan metode survei untuk mengumpulkan data. Data yang telah diperoleh berupa data primer dan kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis regresi.
Model penelitian
Matematis
Hasil dan Kesimpulan
Dari analisis yang telah dilakukan, didapat hasil sebagai berikut:
| Emosional | Kognitif | Positif | Negatif |
Keseluruhan loyalitas Positif dari mulut ke mulut Perilaku mengeluh Perilaku beralih Kesediaan untuk membayar lebih | 0,534 ** 0,590 ** 0.088 0,262 ** 0,350 ** | 0,424 ** 0,517 ** 0.153 0,145 0,313 ** | 0,516 ** 0,582 ** 0.007 0,246 ** 0,375 ** | 0,404 ** 0,435 ** 0.133 0,235 * |
Hal ini menunjukan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kedua komponen utama kepuasan pelanggan (emosional dan kognitif) dengan loyalitas.
Saran dan Usulan Lanjutan
Untuk penelitian di masa yang akan datang disarankan agar dilakukan pengembangan dan penyempurnaan pengukuran emosi.
0 komentar:
Posting Komentar