THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Rabu, 04 April 2012

Masa Pancaroba, Hujan Lebat & Angin Kencang Masih Landa Jakarta

 Nurvita Indarini - detikNews Rabu, 04/04/2012 10:27 WIB

Jakarta Wilayah Indonesia tengah memasuki masa pancaroba dari musim hujan ke kemarau. Nah, di masa transisi ini hujan dengan intensitas sedang dan lebat masih akan melanda. Warga Jakarta harus tetap waspada, karena ada daerah-daerah yang berpotensi banjir.

"Sebelum memasuki musim kemarau, otomatis ada pancaroba atau transisi. Di masa ini biasanya potensi hujan intensitas sedang-lebat yang disertai petir dan angin kencang, frekuensinya masih banyak," kata Kepala Sub Bidang Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Hari Tirto, saat dihubungi detikcom, Rabu (4/3/2012).

Meski demikian, menurut dia, frekuensi hujan ini tidak sebanyak saat musim hujan. Jika sejumlah wilayah di Jakarta mengalami banjir, hal itu dikarenakan curah hujan ditambah kiriman dari hulu dan bisa jadi karena terhambatnya aliran air di sungai.
"Masih ada potensi hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang dan petir di barat, selatan dan timur," lanjut Hari.

Ini masih akan berlanjut hingga kapan? "Kami mohon masyarakat mengakses situs bmkg.go.id karena di situ ada perkiraan untuk hari ini dan esok hari," kata Hari.

Menurut BMKG sejumlah wilayah di Indonesia berbeda-beda awal musim kemaraunya. Ada yang mulai pada Februari, Maret, April, Mei dan bahkan Juni. Fenomena yang mempengaruhi iklim di Indonesia yakni El Nino dan La Nina, dipole mode (fenomena pasangan antara lautan-atmosfer yang terdapat di lautan India tropis), sirkulasi monsun (angin yang berhembus dan berganti arah dua kali atau polanya berlawanan sepanjang tahun) Asia - Australia, daerah pertemuan angin antar tropis, dan suhu permukaan laut di wilayah Indonesia.

Sumber:
http://news.detik.com/read/2012/04/04/102715/1884678/10/masa-pancaroba-hujan-lebat-angin-kencang-masih-landa-jakarta?nd992203605

My opinion:

In this transition period, heavy rain and strong winds are still going to happen. So, the people should be careful because heavy rain and strong winds can cause a negative things such as flood, electricity and telephone connection disconnected, the viruses of illness can be evolve, and the worst possibility is people may die because of lightning. If you are going to go out, you should bring an umbrella because the rain can come anytime. Turn of your electronic items if heavy rains are accompanied by strong winds and lightning and when you was out of home while it is raining, you should be stayed at a safe place, stay away from the place that is potentially being struck by lightning as under a tree. The most important is don’t forget to keep healthy and always pray whenever and wherever.

0 komentar: