THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Sabtu, 23 Oktober 2010

review jurnal

Tema/topik
Gaya belajar, prestasi belajar

Judul, Pengarang & Tahun
PENGARUH FAKTOR PREFERENSI GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA AKUNTANSI
Sawitri Dwi Prastiti & Sri Pujiningsih
2009

Latar Belakang & Masalah
Individu dalam belajar memiliki berbagai macam cara, ada yang belajar dengan cara mendengarkan, ada yang belajar dengan cara membaca, serta belajar dengan cara menemukan, baik secara kelompok maupun secara individu. Cara belajar yang beraneka ragam tersebut dikenal sebagai gaya belajar. Gaya belajar merupakan salah satu faktor internal yang dapat mempengaruhi prestasi belajar.

Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar dengan prestasi belajar.

Metodologi
Variabel dalam penelitian ini yaitu gaya belajar (variabel bebas) dan prestasi belajar (variabel terikat). Variabel bebas dan variabel terikat dalam kuisioner penelitian ini diukur dengan menggunakan skala likert dengan skala penilaian 1 sampai 5.
Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa akuntansi FE-UM yang berjumlah 670 orang.
Pengumpulan data dilakukan dengan mengambil data primer dengan menyebar kuisioner yang diberikan kepada sampel penelitian, yang diambil dengan menggunakan teknik cluster sampling, yang berjumlah 92 orang.
Model penelitian ini yaitu matematis. Dalam perhitungan pengolahan data, peneliti menggunakan alat bantu yang berupa program aplikasi computer yaitu SPSS versi 15, 2007. jika nilai signifikan p<0.05 maka terdapat hubungan diantara kedua variabel.

Hasil dan Kesimpulan
Hasil pengolahan data ini menunjukan nilai signifikan 0.726 (>0.05). Hal ini berarti gaya belajar tidak memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar. Hal ini dikarenakan kecenderungan kepuasan sebagian mahasiswa diukur dari kelulusan pada mata kuliah daripada pemahaman isi mata kuliah sehingga mereka tidak mempedulikan kecenderungan gaya belajarnya.

Saran & Usulan Lanjutan
Bagi dosen, dalam hal merancang strategi pembelajaran hendaknya memperhatikan karakteristik input seperti kecenderungan gaya belajar, motivasi, dan faktor-faktor lain. Penting bagi dosen untuk menyadari gaya mengajarnya agar tidak terdapat kesenjangandi antara dosen dan mahasiswa. Sertamemotivasi mahasiswa agar orientasi kelulusan sebaiknya menyertai kepuasan terhadap proses pembelajaran.Bagi mahasiswa, hendaknya menyadari preferensi gaya belajar untuk memilih cara belajar yang paling efektif sesuai kebutuhannya.
Bagi para peneliti yang memiliki minat di bidang yang sama, sebaiknya menambah variabel yang diteliti seperti variabel llingkungan belajar dan minat belajar.

0 komentar: