THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Sabtu, 23 Oktober 2010

review jurnal

Tema/topik

Lingkungan belajar, minat belajar dan prestasi belajar


Judul, Pengarang & Tahun

PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA SMK NEGERI I BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2006/2007

R. Gunawan Sudarmantol

2008


Latar Belakang & Masalah

Penelitian ini bermula dari pemikiran penulis bahwa lingkungan belajar serta minat belajar merupakan faktor yang dapat mempengaruhi kegiatan belajar individu yang nantinya akan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Kondisi lingkungan belajar yang kondusif baik lingkungan rumah maupun lingkungan sekolah akan menciptakan ketenangan dan kenyamanan siswa dalam belajar sehingga dapat menumbuhkan minat belajar siswa. Menurut Hamalik (2001:110), belajar tanpa adanya minat kiranya sulit untuk mencapai keberhasilan secara optimal. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk meneliti tingkat pengaruh lingkungan belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa.


Tujuan Penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara lingkungan belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI SMK Negeri I Bandar Lampung tahun ajaran 2006/2007.


Metodologi

Variabel dalam penelitian ini yaitu lingkungan belajar dan minat belajar (variabel bebas) serta prestasi belajar (variabel terikat).

Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri I Bandar Lampung tahun ajaran 2006/2007 yang berjumlah 148 siswa.

Teknik pengumpulan data dilakukan yaitu observasi, angket, dan dokumentasi.

Model penelitian ini yaitu matematis dengan menggunakan teknik analisis regresi linear ganda. Analisis regresi tersebut dilakukan dengan menggunakan program SPSS, yang menghasilkan rumus Y = a + b1x1 + b2x2.


Hasil dan Kesimpulan

Hasil analisis regresi menggunakan SPSS menunjukan besaran-besaran statistik berupa R = 0.546; Fhitung = 29.154; dan Sig = 0.0000. Berdasarkan besaran statistik tersebut, Fhitung berada pada taraf signifikansi 0.0000 yang lebih kecil dari besarnya skala alpha 0.05. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh antara lingkungan belajar dan minat belajar dengan prestasi belajar siswa kelas XI SMK Negeri I Bandar Lampung tahun ajaran 2006/2007. Pengaruh lingkungan belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa dapat diprediksi melalui persamaan regresi yang berupa Y = 23.969 + 0.335x1 + 0.294x2.


Saran & Usulan Lanjutan

Bagi para orangtua dan guru, sebaiknya meningkatkan kondisi lingkungan yang baik dan memotivasi siswa untuk meningkatkan minat belajar agar dapat meningkatkan prestasi belajar.

Bagi para peneliti yang memiliki minat di bidang yang sama, sebaiknya menambah variabel yang diteliti seperti variabel komunikasi.

0 komentar: