THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Jumat, 14 Januari 2011

PEMROSESAN INFORMASI PADA PERILAKU KONSUMEN

Kunci perbedaan perilaku konsumen adalah polapemrosesan informasi yang berbeda pada masing-masing individu. Pemrosesan informasi adalah peristiwa di mana parakonsumen diarahkan menuju informasi, diajak untuk mencari informasi, memahami informasi, menempatkan informasi di memori mereka dan membukanya kembali untuk dipergunakan kemudian.


Terdapat 3 tahap utama dalam pemrosesan informasi :
  1. Tahap refleks informasi: refleks yang ditampilkan saat pertama kali memperoleh informasi.
  2. Tahap adaptasi: akibat pengulangan informasi, konsumen beradaptasi terhadap informasi yang ditampilkan.
  3. Tahap persepsi: munculnya persepsi tertentu dari informasi yang ditampilkan.
Persepsi adalah proses seleksi terhadaprangsangan-rangsangan yang diterima, diorganisasi dan diintepretasikan. Sensasi adalah rangsangan yang diterima olehpancaidera. Sehingga, proses persepsi adalah proses yangdiawali oleh penerimaan, pengelolaan, pengorganisasian dan interpretasi terhadap rangsangan yang diterima.

SENSASI YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI

Pesan komunikasi pemasaran, maupun iklansebagai suatu bentuk sensasi yang diorganisasi
untuk mempengaruhi persepsi, dapat secara efektif mempengaruhi konsumen, jika :
  • Mampu mempengaruhi elemen inderawi : bau,warna, rasa, suara, citra
  • Memiliki elemen struktural tertentu : ukuran, posisi,bentuk
Komponen Inderawi
Komponen-komponen sensasi yang diterima panca indera mempengaruhi bagaimana pesan produk dirasakan oleh calon konsumen.
  • Bau : sangat penting untuk produk kosmetika, perawatan kulit,parfum. Suatu penelitian pada produkt issue, konsumen diminta membandingkan antara tissuewangi dan tissue tanpa wewangian. Hasilnya, konsumen mempersepsi dengan wangi tertentu tissue yang wangi lebih mewah dan mahal. Tissue tanpa baudianggap untuk keperluan dapur.
  • Warna : membawa konotasi tertentu. Suatu test padadeodoran dengan isi dan bahan yang sama namun memiliki warna kemasan berbeda. Terdapat respon yang menyatakan pada warna-warna tertentu deodoran dipersepsi lebih cepat kering. Warna menyolok dipersepsi baunya menyengat dst.
  • Demikian pula dengan rasa maupun suara yang ditimbulkanoleh kertas kemasan, pintu mobil dll, dapat digunakan untuk identifikasibr and.

Komponen Struktural
Faktor-faktor struktural dari material komunikasi pemasaran mempengaruhi persepsi konsumen, seperti :
  • Ukuran: semakin besat, ssemakin berpeluang untuk diperhatikan.
  • Posisi: iklan yang terletak pada 10% pertama halaman majalah, berpeluang lebih diperhatikan dibanding jika diletakkan pada halaman lebih dari 10%. Demikian pula 1/2 halaman atas lebih diperhatikan daripada halaman bawah. posisi kanan lebih menarik untuk gambar, sedangkan posisi kiri untuk verbal.
  • Warna: iklan berwarna lebih menarik daripada hitam putih
  • Kontras: kontras yang dihasilkan oleh perpaduan warna menghasilkan efek menguatkan pesan.

sumber: http://www.scribd.com/doc/5624724/4-perilaku-konsumen-individu-dan-institusional

0 komentar: