THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Senin, 01 November 2010

review jurnal

tema/topik:
komunikasi interpersonal, prestasi akademik

judul, pengarang, tahun:
hubungan komunikasi interpersonal antara mahasiswa dan dosen dengan prestasi akademik mahasiswa fakultas psikologi Universitas Gunadarma
Dr. Awalludin Djalla, 2008

latar belakang dan masalah
hubungan dosen dengan mahasiswa di dalam proses belajar dan mengajar merupakan faktor yang sangat penting dalam menciptakan suasana yang menyenangkan sehingga mahasiswa tertarik untuk belajar dan dosen nyaman dalam mengajar. Hal inilah yang mendorong keingintahuan penulis untuk mencari tahu mengenai hubungan komunikasi interpersonal antara mahasiswa dan dosen dengan prestasi akademik mahasiswa.

tujuan penelitian
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan komunikasi interpersonal antara mahasiswa dan dosen dengan prestasi akademik mahasiswa fakultas psikologi Universitas Gunadarma.

metodologi
variabel dalam penelitian ini yaitu komunikasi interpersonal (variabel bebas) dan prestasi akademik (variabel terikat).
teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan metode angket (kuesioner) sebagai data primer dan metode arsip sebagai data sekunder.
model penelitian ini matematis, dan dalam pengolahan data penulis menggunakan SPSS 13.00 for windows, jika hasil pengolahan data menunjukan p<0.05>maka terdapat pengaruh diantara kedua variabel.

hasil dan kesimpulan

hasil penelitian ini menunjukan bahwa koefisien relasi (r) = 3.36, taraf signifikansi 0.00 (p<0.05) ini berarti terdapat hubungan yang signifikan antara komunikasi interpersonal antara mahasiswa dan dosen dengan prestasi akademik mahasiswa fakultas psikologi Universitas Gunadarma. dari penelitian ini dapat disimpulkan, semakin tinggi komunikasi interpersonal antara dosen dan mahasiswa maka semakin tinggi pula prestasi akademik mahasiswa.

saran dan usulan lanjutan
bagi peneliti selanjutnya, agar dapat mengembangkan penelitian mengenai komunikasi interpersonal dengan prestasi akademik mahasiswa, dan menggali lebih dalam faktor yang mempengaruhi prestasi akademik, seperti lingkukngan belajar.



0 komentar: