THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Selasa, 23 November 2010

BAB III

METODOLOGI
Objek penelitian ini adalah warung internet Flashnet yang ingin mengembangkan usahanya. Untuk mendapatkan data yang akurat, penulis melakukan observasi dan wawancara langsung dengan pemilik warung internet Flashnet, yang hasilnya berupa data sekunder. Data sekunder ini berupa arus kas masuk, arus kas keluar, nilai investasi dan tingkat suku bunga. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan metode kuantitatif yaitu menggunakan rumus-rumus perhitungan dengan metode penilaian investasi yakni metode payback period, metode NPV, metode Profitability Index (PI), dan metode IRR.
1. Metode payback period
Metode ini digunakan untuk mencari tahu waktu yang dibutuhkan untuk menutup kembali pengeluaran investasi, yaitu dengan cara menghitung rasio antara Initial Cash Invesment dengan cash inflownya.
2. Metode NPV
Net Present Value yaitu selisih dari investasi dari nilai sekarang dari penerimaan-penerimaan kas bersih (aliran kas operasional maupun aliran kas terminal) di masa yang akan datang. Untuk menghitung nilai sekarang perlu ditentukan tingkat bunga yang relevan.
3. Metode Profitability Index (PI)
Profability Index (PI) dapat dihitung dengan membandingkan antara PV kas masuk dengan PV kas keluar.
4. Metode IRR
Metode ini digunakan untuk mencari tingkat bunga yang menyamakan nilai sekarang dari arus kas yang diharapkan di masa datang, atau penerimaan kas dengan mengeluarkan investasi awal.

0 komentar: