THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Sabtu, 20 November 2010

review jurnal 3

Tema

Kelayakan investasi

Judul, pengarang, dan tahun

Studi kelayakan kelangsungan usaha warung internet CV. DD net

Marji Uliansyah

2009

Latar belakang dan masalah

Pada era globalisasi sekarang ini, perkembangan teknologi di dunia berkembang dengan pesat. Salah satunya adalah teknologi informasi atau dapat disebut juga teknologi internet. Pada saat ini, internet tidak hanya digunakan untuk kegiatan usaha saja, melainkan sebagai gaya hidup masyarakat di dunia, sehingga kebutuhan akan internet begitu besar. Tidaklah heran jika banyak warung internet yang menjamur dimana-mana.

Untuk menjaga kelangsungan usaha warnet, perlu dilakukan investasi yang layak. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk menganalisis kelayakan usaha warung internet CV. DD net.

Tujuan penelitian

Tujuan dari penelitian ini adalahuntuk mengetahui apakah investasi yang dilakukan dapat dikatakan layak atau tidak untuk dijadikan sebagai pertimbangan kelangsungan usaha.

Metodologi

Variabel

Pendapatan, keuntungan, bunga, jumlah investasi.

Data

Dalam mengumpulkan data, penulis melakukan observasi dan wawancara dengan pihak terkait, seperti teknisi dan pemilik usaha warnet.

Tahapan penelitian

Penulis mengadakan observasi dan wawancara untuk mendapatkan data untuk kemudian dianalisis menggunakan analisis kuantitatif dengan menggunakan rumus atau perhitungan metode penilaian investasi.

Model penelitian

Model penelitian dalam penelitian ini adalah matematis dengan menggunakan metode Payback Period, NPV, IRR, dan PI. Jika Payback Period lebih kecil dari waktu maksimum yang diisyaratkan maka proyek diterima. Jika NPV bernilai positif maka investasi dianggap layak. Jika PI bernilai lebih dari 1, maka investasi layak diterima. Jika IRR lebih besar dari suku bunga yang diisyaratkan maka investasi diterima. Dan jika PI bernilai lebih dari 1 maka investasi diterima.

Hasil dan kesimpulan

Dari hasil perhitungan data, payback period yaitu 10 bulan, lebih cepat dari jangka waktu yang diperkirakan pemilik modal yaitu 1 tahun. Dari perhitungan NPV didapatkan nilai Rp.2.849.107,00. Perhitungan IRR didapatkan hasil sebesar 20,16%, lebih besar dari tingkat bunga yang ditetapkan yaitu 12%. Dan perhitungan PI didapatkan hasil 1,05, lebih besar dari batas nilai analisis yaitu 1. Berdasarkan perhitungan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa usulan investasi pada usaha warung internet CV. DD net layak.

Saran dan usulan lanjutan

Penulis memberikan saran kepada pembaca agar penelitian ini dapat menjadi inspirasi bagi pembaca yang ingin mendirikan usaha warung internet.

0 komentar: