THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Sabtu, 20 November 2010

review jurnal

Tema

Kelayakan investasi

Judul, pengarang, dantahun

Studi kelayakan usaha untuk pengembangan warung internet CV. Cisnet Depok

Sarmi Jawanti, 2009

Latar belakang &masalah

Pada saat ini kebutuhan masyarakat akan informasi sangat meningkat, untuk memenuhi kebutuhan ini di perlukan sarana-sarana yang memadai dalam rangka pengiriman dan penerimaan informasi yang baik terutama dalan pelayanan jasa telekomunikasi untuk melihat kelayakan usaha tersebut dapat diketahui dari berbagai aspek-aspek yang harus di perhatikan oleh pemilik usaha tersebut, kita lihat satu persatu aspek-aspek tersebut yang pertama aspek pasar,apabila pasar atau konsumen yang akan menikmati produk jasa ini tidak begitu banyak berarti dilihat dari aspek pasar usaha ini layak,yang kedua aspek teknis apabila tidak ada unsur-unsur tekhnis yang mendukung jalan nya usaha ini tidsak dapat berjalan dengan maksimal,aspek keuangan apakah modal yang di perlukan memenuhi target dan taksirkan,aspek manajemen siapa yang tersebut,aspek hukum bagaimana bentuk legalitas perusahaan,apakah mempunyai izin usaha,aspek sosial bagaimana pengaruh kepada masyarakat sekitar proyek.

Maka dari itu untuk mengetahui kelayakan usaha,maka penulis mencoba mengambil judul dari penelitian “studi kelayakan usaha untuk pengembangan warung internet cv.cisnet depok”

Tujuan penulisan

Untuk mengetahui kelayakan usaha warung internet CV. Cisnet Depok.

Metodologi

Variabel

Pendapatan, keuntungan, bunga, jumlah investasi

Data

Data diperoleh dengan cara wawancara langsung dengan pemilik CV. Cisnet Depok untuk mendapatkan data sekunder.

Tahapan Penelitian

Data yang digunakan adalah data sekunder yang diambil dari penelitian di lapangan, dan data dianalisis dengan menggunakan metode Payback Period, NPV, IRR dan MiRR.

Model penelitian

Model penelitian dalam penelitian ini adalah matematis dengan menggunakan metode Payback Period, NPV, IRR dan MiRR. Jika Payback Period lebih kecil dari waktu maksimum yang diisyaratkan maka proyek diterima. Dan jika NPV bernilai positif maka investasi dianggap layak.

Hasil dan Kesimpulan

Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, dengan investasi sebesar Rp. 52.880.000,00 dan biaya variabel Rp. 56.390.000,00, biaya tetap sebesar Rp.16.500.000 dan laba setelah pajak sebesar Rp. 53.541.000,00 maka dilakukan penilaian investasi dengan menggunakan payback period investasi dapat kembali dalam waktu 11 bulan, ini lebih cepat darii waktu yang ditetapkan yaitu 12 bulan per 1 tahun, berdasarkan metode NPV, investasi ini dapat diterima karena menghasilkan hasil yang positif yaitu sebesar Rp.378.310,00. Berdasarkan metode IRR, tingkat suku bungan yang didapatkan yaitu 10,99%, ini lebih besar dari tingkat suku bunga yang ditetapkan yaitu 10%. Dan berdasarkan metode MIRR, suku bunga yang didapatkan sebesar 11,38%, maka berdasarkan penilaian yang telah dilakukan dapat diambil suatu keputusan bahwa investasi yang akan dilakukan oleh CV. Cisnet Depok “layak” untuk direalisasikan.

Saran dan usulan lanjutan

Setelah dilakukan penelitian, penulis merekomendasikan CV. Cisnet Depok untuk melakukan investasi.

0 komentar: