THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Sabtu, 20 November 2010

jurnal

ANALISIS KELAYAKAN INVESTASI

PADA WARUNG INTERNET FLASHNET

BAB I

PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG MASALAH

Studi kelayakan bisnis merupakan suatu studi untuk menilai bisnis yang akan dikerjakan di masa yang akan datang. Penilaian di sini tidak lain adalah memberikan rekomendasi apakah sebaiknya bisnis yang bersangkkutan layak dikerjakan atau sebaiknya ditunda dulu. Mengingat kondisi di masa yang akan datang penuh dengan ketidakpastian, maka studi yang dilakukan tentunya meliputi berbagai aspek dan membutuhkan pertimbangan-pertimbangan tertentu untk memutuskannya. Ini menunjukan bahwa melakukan studi kelayakan akan melibatkan tim gabungan dari berbagai ahli sesuai dengan bidang masing-masing seperti ekonomi, hukum, psikologi, akuntan, perekayasa teknologi dan lain sebagainya.

Kalau bisnis yang akan dilakukan merupakan bisnis investasi yang berorientasikan laba, maka studi kelayakan yang dimaksud adalah studi penelitian dalam rangka untuk menilai layak atau tidaknya bisnis investasi yang bersangkutan dilakukan dengan berhasil dan menguntungkan secara ekonomis.

Saat ini dunia membutuhkan informasi yang cepat dan akurat, dan internet merupakan salah satu alternatif dalam menjawab kebutuhan tersebut. Berbagai pihak sudah menggunakan sarana internet untuk berkomunikasi, mencari informasi untuk keperluan pribadi baik di bidang pendidikan maupun bidang usaha dan lain-lain. Dengan adanya internet, suatu informasi yang dulu sangat sulit diperoleh, kini dapat diperoleh dalam beberapa saat saja. Bisa diprediksikan bahwa internet akan semakin dibutuhkan, sehingga akan semakin berkembang juga ilmu pengetahuan dan teknologi tentang internet.

Dengan melihat fenomena-fenomena tersebut, maka dunia usaha internet mulai berkembang pesat, baik skala kecil maupun yang besar. Warung internet (warnet) merupakan salah satu usaha internet yang dibutuhkan oleh masyarakat pengguna internet. Warnet merupakan fasilitas untuk mengakses internet dengan biaya yang terjangkau oleh masyarakat pada umumnya. Untuk memperluas sebuah usaha warnet, diperlukan modal yang besar dan perencanaan yang matang.

Dan sebelum melakukan perluasan usaha, harus diteliti terlebih dahulu kelayakan investasi tersebut. Oleh karena itu penulis berminat untuk meneliti kelayakan investasi pada warung internet flashnet.

BATASAN MASALAH

Dalam penelitian ini, penulis membatasi masalah untuk proyek penambahan cabang warung internet Flashnet di Jl. H.M. Tohir Depok.

TUJUAN PENELITIAN

  • Untuk menjelaskan bagaimana penilaian kelayakan investasi pada usaha warung internet Flashnet dengan menggunakan metode payback period, NPV, PI, dan IRR.
  • Untuk mengetahui kelayakan investasi pada warung internet flashnet.

KERANGKA PEMIKIRAN

Dalam menganalisis kelayakan investasi, penulis menggunakan variabel yang berupa investasi, pendapatan, keuntungan, dan tingkat suku bunga.

Dalam menjalankan proyek akan penggunaan investasi pada umumnya menggunakan metode-metode penilaian investasi, diantaranya:

  • Metode payback period
  • Metode NPV
  • Metode Profitability Index (PI)
  • Metode IRR

Dalam penelitian ini, penulis menggunakan beberapa penelitian sejenis sebagai referensi penelitian.

1. Judul :Studi kelayakan usaha untuk pengembangan warung internet CV.Cisnet Depok

Nama : Sarmi Jawanti, 2009

Objek penelitian yaitu CV. Cisnet Depok yang ingin mengembangkan usahanya dengan memperhitungkan dari segi aspek keuangan menggunakanmetode payback period, NPV, IRR, dan MIRR, dari penelitian yang dilakukan maka diperoleh:

  • Dengan menggunakan metode payback period, investasi dapat kembali dalam waktu 11 bulan.
  • NPV bernilai positif yaitu sebesar Rp.378.310,00.
  • Berdasarkan metode IRR, tingkat suku bunga yang didapatkan yaitu 10,99%.
  • Dan berdasarkan metode MIRR, suku bunga yang didapatkan sebesar 11,38%.

Maka berdasarkan penilaian yang telah dilakukan dapat diambil suatu keputusan bahwa investasi yang akan dilakukan oleh CV. Cisnet Depok “layak” untuk direalisasikan.

2. Judul : Studi Kelayakan Perluasan Usaha pada Warnet Viezarel.net

Nama : Windi Fione, 2010

Objek penelitian yaitu Warnet Viezarel.net yang ingin melakukan perluasan pada usahanya dengan memperhitungkan segi aspek keuangan menggunakanmetode payback period, NPV, PI, dan IRR, dari penelitian yang dilakukan maka diperoleh:

  • Payback Period lebih cepat dari waktu yang diisyaratkan, yaitu 1 tahun 1 bulan
  • NPV bernilai positif, yaitu Rp.38.445.350
  • PI bernilai lebih dari 1, yaitu 1,41
  • IRR lebih besar dari suku bunga yang diisyaratkan 11%, yaitu 42,3%.

Berdasarkan hasil perhitungan tersebut, maka dapat dikatakan warnet Viezarel.net layak untuk mengembangkan usahanya.

3. Judul : Studi kelayakan kelangsungan usaha warung internet CV. DD net

Nama : Marji Uliansyah, 2009

Objek penelitian yaitu CV. DD net yang ingin mengembangkan usahanya dengan memperhitungkan segi aspek keuangan menggunakanmetode payback period, NPV, PI, dan IRR, dari penelitian yang dilakukan maka diperoleh:

  • payback period yaitu 10 bulan, lebih cepat dari jangka waktu yang diperkirakan pemilik modal yaitu 1 tahun.
  • Dari perhitungan NPV didapatkan nilai Rp.2.849.107,00.
  • Perhitungan IRR didapatkan hasil sebesar 20,16%, lebih besar dari tingkat bunga yang ditetapkan yaitu 12%.
  • Dan perhitungan PI didapatkan hasil 1,05, lebih besar dari batas nilai analisis yaitu 1. Berdasarkan perhitungan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa usulan investasi padausaha warung internet CV. DD net layak.

0 komentar: